Sahabat Rehal, kembali lagi aku menyapa kalian dengan penuh semangat. Kali ini aku ingin mengupas tentang objek wisata religi baru di Desa Jango, Janapria, Lombok tengah.

Siapa sangka di Janapria, apalagi di pelosok Desa Jango, ada objek wisata yang mampu memikat hati para traveler baik kalangan anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua, dari rakyat biasa sampai para pejabat.

Sahabat Rehal pasti penasaran kan dengan objek wisata religi yang kumaksud? Uuufff, jangan khawatir, pasti akan kukasih tahu. Sahabat rehal harus sabar ya, orang sabar itu disayang oleh semua orang.

Oke, Sahabat Rehal , kita kembali ke wisata religi. Tempat yang saya maksud adalah objek wisata religi yang dinamakan “Bukit Jabal Rahmah”. Nah, Sahabat Rehal … kenapa disebut Bukit Jabal Rahmah, kok kayak di Mekah gitu? Memang Desa Jango ada di dekat Mekah?

Eeeet, jangan salah, di desa tersebut memang ada miniatur Ka’bah, tempat tawaf, tempat melempar jumrah,  melakukan sa’I dan wukuf, dan rangkaian ibadah lainnya. Cuma tempat wisata ini baru jadi setengah, walau sudah diresmikan oleh bupati.

Tempat wisata ini bisa digunakan oleh pelajar, mulai dari TK sampai SMA, bahkan kalau mau, mahasiswa bisa juga untuk belajar tawaf, sa’i, wukuf, dan sebagainya di sini. Tempat wisata ini memang belum ramai pengunjung, karena baru dibuka. Masalah lokasi, dari Kopang ke tempat wisata kurang-lebih memakan waktu 20 menit; dari Kota Praya 25 menit; atau dari Selong bisa 25-30 menit.

Luas Banget

Berbicara masalah tempat wisata, yang terlintas di otak kita pasti ada pedagang kaki lima atau kuliner. Namun untuk sementara di sini baru ada sejenis warung kopi yang menyediakan berbagai camilan, air mineral, atau teh. Soal uang masuk jangan khawatir, jika ada uang buat bayar parkir Rp1-2000, silakan kasih tukang parkir. Tapi kalau ndak ada juga ndak apa-apa. ?

Nah, Sahabat Rehal bisa berkunjung kapan saja. Jangan khawatir berkunjung di waktu zuhur atau asar, karena di sini sudah disediakan musala, peralatan salat untuk laki-laki dan perempuan, dan tempat wudhu beserta toilet.

Tempat wisata  memang terletak di bukit, tapi tidak terlalu tinggi, kok. Cuma areanya luas banget, mencapai 2 hektare lebih. Jadi, pas naik tangga untuk ke atas ya hitung-hitung olahraga biar sehat. Lokasinya pun tidak jauh dari jalan raya, juga sudah disediakan tempat parkir mobil dan motor, insya Allah aman.

Rugi pokoknya kalau Sahabat Rehal tidak berkunjung ke sini, hitung-hitung ibarat geladi bersih sebelum ke Mekah, lhoooo. Makanya, buruan datang biar bisa menikmati keindahan wisata religi Bukit Jabal Rahmah ala Desa Jango. Saya tunggu ya, siapa tahu kita bisa bersilaturahmi karena daerah satu kecamatan dengan tempat tinggal saya.

Dar Bajang
Author: Dar Bajang

Traveler yang tinggal di Lombok.

By Dar Bajang

Traveler yang tinggal di Lombok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *