Saat kita berkunjung ke suatu daerah tertentu, biasanya akan ada keinginan untuk menikmati produk khas daerah tujuan kita. Baik itu dinikmati langsung atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Begitupun jika kita berkunjung ke daerah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Nah, biasanya produk yang sering dicari adalah madu. Ya, madu Sumbawa sudah terkenal khasiatnya.

Madu adalah cairan alamiah yang dihasilkan oleh lebah (genus apis) yang berasal dari nektar bunga dan berasa manis. Secara umum, madu banyak digunakan sebagai bahan tambahan pada produk pangan karena rasanya yang manis. Entah itu sebagai pengganti bahan gula, atau juga sebagai salah satu komposisi rasa pada beberapa produk minuman kemasan.

Hutan pegununang Batu Lante. [Redaksi]

Pun madu banyak ditemukan sebagai salah satu komposisi pada obat-obatan tradisional seperti jamu.

Dari Lebah Liar di Hutan

Madu Sumbawa sendiri banyak dihasilkan oleh lebah liar (apis dorsata) yang berhabitat di hutan-hutan Pulau Sumbawa. Salah satu tempat penghasil madu Sumbawa adalah Desa Batu Dulang, Kecamatan Batu Lante, Kabupaten Sumbawa. Jarak desa ini 25 kilometer dari Kota Sumbawa Besar atau dapat ditempuh dalam 45 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Untuk mendapatkan madu Sumbawa tidaklah mudah karena para pemburu madu harus berjalan kaki untuk melewati jurang, tebing, serta sungai-sungai di hutan. Para pencari madu Sumbawa umumnya masih menggunakan cara tradisional dalam memproses madu, baik dalam proses pencarian, pemanenan madu di dalam hutan, hingga proses pemisahan cairan madu dari sarangnya.

Seiring perjalanan waktu dan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas madu, kini proses pemerasan sudah mulai menggunakan alat khusus.

Karena kandungan, khasiat, serta rasanya yang enak, madu Sumbawa sangatlah dicari-cari. Tak jarang para tamu daerah serta pengunjung pariwisata di Sumbawa menjadikan madu sebagai buah tangan.

Masyarakat Sumbawa sendiri sering memanfaatkan madu sebagai bahan pangan hingga obat-obatan. Contohnya, untuk mengobati batuk dan radang tenggorokan, panas dalam, sakit mata, meningkatkan sistem imun, meningkatkan stamina dan vitalitas, serta sebagai bahan kecantikan kulit dengan dijadikan masker.

Guna meningkatkan penjualan dan memudahkan pembeli, kini para pemburu madu sudah mulai memasarkan produk lewat media sosial. Bahkan, mereka mulai bekerja sama dengan toko-toko atau outlet penjualan di Kota Sumbawa Besar dengan beragam ukuran dan harga.

Model kemasannya pun beragam. Mulai dari botol mini, kemasan selai, jerigen mini, hingga lip gloss atau pelembap bibir. Jika ingin mencoba madu Sumbawa, sila hubungi: http://bit.ly/minummaduyuk ?

Redaksi
Author: Redaksi

By Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *